Dalam rangka menyambut dies natalis ke-10, Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Seminar Linguistik Korpus. Seminar dengan tema “Korpus Bahasa Arab dalam Kajian Kebahasaan” tersebut dilaksanakan secara virtual melalui media Zoom Cloud Meeting pada Selasa, 12 Januari 2021. Pembicara pada seminar tersebut adalah Prof. Dr. Syamsul Hadi, S.U., M.A. (Guru Besar Universitas Gadjah Mada) dan Prof. Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag. (Universitas Pendidikan Indonesia).

Seminar tersebut adalah bagian dari kegiatan organisasi Korpus Arab yang diinisiasi oleh Ittihad Mudarrisil Lughatil ‘Arabiyah (IMLA) atau Persatuan Pengajar Bahasa Arab Indonesia. Prodi Sastra Arab UNS merupakan salah satu anggota Korpus Arab yang berpartisipasi aktif dalam organisasi yang anggotanya tersebar di berbagai program studi Bahasa dan Sastra Arab di seluruh Indonesia, di antaranya: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Darussalam Gontor (Unida), dan Pondok Pesantren Tazakka, Jawa Tengah.

Seminar diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari berbagai kota. Pemaparana materi seminar dapat disimak kembali dalam saluran Youtube resmi Sastra Arab UNS dalam tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=UTQakroUPV4&t=612s. [rsn]