Oleh: Kinanti Ayu Ramadhan*

Virus corona menghantui penduduk bumi, penyebarannya di berbagai negara semakin bertambah. Menjaga imunitas tubuh diperlukan guna terhindar dari paparan virus corona. Menjaga kebersihan, olahraga teratur, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, kurangi stres berlebih, serta mengonsumsi suplemen vitamin merupakan langkah dalam menjaga daya tahan tubuh.

Sumber: https://disk.mediaindonesia.com/thumbs/1200x-/news/2016/07/vaksinimun-seno.jpg

Penyebaran virus corona di berbagai dunia kian meningkat, baik dari jumlah kasus maupun korban jiwa. Larangan untuk tidak beraktivitas di luar rumah salah satu pencegahan penyebaran mata rantai Covid-19. Selain itu, menjaga imunitas tubuh yang baik akan mencegah tubuh dari infeksi virus dan bakteri.  Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Amin Soebandrio mengatakan bahwa ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh saat pandemi virus corona.

Belum ditemukannya vaksin untuk mencegah virus corona, hal ini membuat masyarakat panik. Namun, masyarakat tak perlu risau, pasalnya virus ini tidak mudah masuk pada orang dengan sistem imun tubuh yang kuat.

Sebenarnya ada berbagai cara meningkatkan daya tahan tubuh. Semuanya bisa langsung dipraktikkan tanpa perlu repot. Nah, buat kamu yang ingin menerapkan gaya hidup sehat, berikut cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Menjaga Kebersihan

Cara meningkatkan imunitas tubuh yang utama ialah dengan selalu menjaga kebersihan diri. Kulit merupakan lapiran terluar dari tubuh. Kita harus menjaga kebersihan agar kuman yang hidup dan menempel di kulit tidak ikut masuk ke dalam tubuh, atau menempel melalui makanan yang hendak dikonsumsi.

Salah satu langkah yang paling mudah untuk menjaga kebersihan adalah selalu mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir dengan sabun. Contohnya, mencuci tangan sebelum makan, mengolah makanan, memasak, dan setelah menggunakan toilet.

Menjaga Pola Makan

Mungkin sebagian dari kamu ada yang tidak doyan makan sayur dan buah. Namun, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Dokter juga merekomendasikan pasien untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya nutrisi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan begitu, kamu jadi tidak mudah sakit. Di dalam sayur dan buah terdapat kandungan vitamin dan mineral yang memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu melawan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit. 

Olahraga Teratur

Cara meningkatkan daya tahan tubuh berikutnya adalah dengan berolahraga. Tidak hanya berguna untuk kesehatan, tetapi olahraga baik untuk melepas stres dan melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Namun, bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah, perlu memerhatikan kondisi tubuh dan jangan memaksakan diri. Hindari berolahraga terlalu sering, kurangi melakukan jenis olahraga yang butuh banyak energi, dan batasi durasi berolahraga.

Berkonsultasi dengan dokter juga bisa menjadi salah satu langkah dalam memilih jenis olahraga yang bisa dilakukan. Dengan ini, aktivitas fisik yang dijalani akan sesuai dengan kondisi tubuh.

Istirahat yang Cukup

Kondisi saat ini masyarakat diwajibkan untuk bekerja di rumah. Kalau terus-terusan diforsir, tubuh jadi lelah dan rentan terkena penyakit.

Demi menjaga daya tahan tubuh, sebaiknya sisihkan waktu untuk istirahat. Pastikan setiap hari tubuh mendapat kesempatan istirahat yang cukup. Jam tidur adalah yang paling penting, karena tubuh manusia dewasa setidaknya membutuhkan waktu 7-8 jam untuk tidur setiap harinya. 

Kurangi Stres Berlebih

Padatnya rutinitas sehari-hari tak jarang memicu stres. Misalnya seperti berpikiran lebih dalam menyelesaikan pekerjaan. Mulai sekarang hindari penyebab stres tersebut, karena sistem imun akan bekerja maksimal jika tubuh dan pikiran dalam keadaan rileks. Ada banyak cara menghilangkan stres, seperti makan coklat, meditasi, main dengan hewan peliharaan, atau menonton film.

Mengonsumsi Suplemen

Mengonsumsi suplemen sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh di tengah tingginya angka penyebaran virus corona. Suplemen bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan imunitas tubuhmu guna melengkapi pola makan sehari-hari yang mungkin kurang bernutrisi.

Semakin lengkap vitamin yang ada di dalam tubuh, maka semakin prima juga sistem kekebalan tubuhmu. Biasanya, orang yang memiliki sistem imun rendah akan butuh suplemen vitamin. Tetapi, dokter juga bisa merekomendasikan suplemen vitamin lainnya sesuai kebutuhan.

Tidak hanya menjaga, tetapi meningkatkan daya tahan tubuh juga penting loh. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, sistem imunitas atau daya tahan tubuh memegang peran penting dalam menjaga kesehatan.

Maka dari itu, kita harus menjaga imunitas tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit, terutama terhindar dari penularan virus corona yang semakin hari semakin tinggi jumlah penderitanya. Upaya yang telah dijelaskan dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini guna meningkatkan imunitas tubuh. Seseorang dengan imunitas yang rendah dianjurkan melakukan langkah-langkah tersebut.

*) Penulis adalah mahasiswa Sastra Arab angkatan 2018.