1. 1
    Peneliti Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab

    Profil utama lulusan Sastra Arab UNS adalah menjadi peneliti pemula untuk bidang-bidang bahasa, sastra, dan budaya Arab. Peneliti pemula memanfaatkan keilmuannya untuk meneliti masalah-masalah bahasa, sastra, dan budaya Arab, serta memberikan pemecahan masalah dalam bidang tersebut. Peneliti bahasa, sastra, dan budaya Arab bekerja di institusi yang bergerak di bidang riset, seperti: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, lembaga kebahasaan seperti Badan Bahasa atau Balai Bahasa, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata, lembaga swadaya masyarakat (LSM/NGO), lembaga riset independen, dan sebagainya.

  2. 2
    Praktisi Penerjemahan

    Lulusan Sastra Arab UNS dipersiapkan untuk menjadi praktisi penerjemahan, baik penerjemah maupun interpreter. Prospek pekerjaan bidang ini terbuka luas di institusi yang memerlukan jasa penerjemah dan interpreter, baik negeri, swasta, maupun praktisi independen (wirausaha). Lulusan dapat bergabung dengan organisasi profesi seperti Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI), mengikuti sertifikasi penerjemah, atau menjadi penerjemah tersumpah untuk mendapatkan kualifikasi yang lebih baik dan tepercaya.

  3. 3
    Pengajar

    Lulusan Sastra Arab UNS dapat menjadi pengajar atau tenaga pendidik di berbagai institusi pendidikan, seperti menjadi guru, dosen, pengajar di lembaga pelatihan bahasa atau kursus, pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) khususnya penutur bahasa Arab, dan sebagainya. Selama berkuliah, terdapat mata kuliah penunjang keterampilan mengajar, khususnya Mata Kuliah Pengajaran Bahasa Arab. Lulusan Sastra Arab dapat melanjutkan pendidikan khusus seperti Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi yang berminat mendapatkan sertifikat profesi atau pendidikan pascasarjana (S2) bagi yang berminat menjadi dosen.

  4. 4
    Editor

    Lulusan Sastra Arab UNS dibekali keterampilan menulis dan menyunting selama berkuliah. Oleh karena itu, profil lulusan lain yang menjadi pilihan adalah bekerja sebagai editor atau penyunting di penerbit buku, khususnya buku-buku Islam atau buku terjemahan. Beberapa mata kuliah yang menunjang bidang ini adalah mata kuliah Bahasa Indonesia, Jurnalistik, Keterampilan Menulis Ilmiah, Penerjemahan, Sastra Anak, dan Sastra Islam. Penerbit buku juga merupakan salah satu tujuan kuliah magang mahasiswa.

  5. 5
    Diplomat

    Lulusan Sastra Arab UNS berpeluang menjadi diplomat karena dibekali ilmu pengetahuan di bidang kebudayaan Timur Tengah. Beberapa mata kuliah yang menunjang bidang ini adalah Kebudayaan Timur Tengah, Sosiologi Masyarakat Timur Tengah, Gerakan Keagamaan di Timur Tengah, dan Pengantar Ilmu Hubungan Internasional.

  6. 6
    Penulis Profesional

    Lulusan Sastra Arab UNS dibekali keterampilan menulis selama berkuliah. Dengan demikian, salah satu prospek pekerjaan yang terbuka luas adalah menjadi penulis profesional, seperti menjadi penulis independen, penulis naskah (script writer) untuk industri kreatif, pelatih kepenulisan, dan sebagainya. Berbagai mata kuliah didesain agar lulusan Sastra Arab memiliki keterampilan menulis, mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif, serta menyunting tulisan.

  7. 7
    Jurnalis

    Lulusan Sastra Arab UNS berpeluang menjadi jurnalis, baik untuk media cetak maupun media elektronik. Selain keterampilan menulis, kemampuan bahasa asing, dan kemampuan berpikir kritis, lulusan Sastra Arab UNS juga dibekali Mata Kuliah Jurnalistik secara khusus sehingga memiliki dasar-dasar jurnalistik yang dapat dipraktikkan setelah lulus. 

  8. 8
    Pustakawan

    Lulusan Sastra Arab UNS berpeluang menjadi pustakawan di perpustakan berbagai level, baik lokal maupun nasional (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia). Selain keterampilan bahasa asing, lulusan Sastra Arab UNS juga dibekali kemampuan mengelola arsip dan naskah-naskah kuno (manuskrip) di samping memiliki wawasan yang memadai mengenai sastra dan perbukuan. Mata kuliah yang mendukung keterampilan ini adalah Mata Kuliah Ilmu Perpustakaan dan Mata Kuliah Filologi.

  9. 9
    Wirausahawan

    Lulusan Sastra Arab UNS juga dibekali ilmu dan wawasan mengenai wirausaha. Diharapkan lulusan dapat mengembangkan ilmunya untuk menciptakan lapangan pekerjaan, baik secara spesifik berhubungan dengan keilmuan Sastra Arab (seperti membuka pelatihan bahasa/kursus, jasa penerjemah, jasa penyuntingan, penerbit, pencipta konten, dan sebagainya) maupun bidang usaha umum lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.