CONTACT US

Edit Template

CONTACT US

Edit Template

Riset MBKM Sastra Arab UNS: Pembelajaran Bahasa Arab UNS Perlu Beradaptasi dengan Era Digital

SURAKARTA, SASTRA ARAB UNS — Pembelajaran bahasa Arab perlu direorientasi untuk menyesuaikan kebutuhan era industri 4.0. Hal ini mencuat dalam Focus Group Discussion (FGD) “Analisis Keterampilan Bahasa Arab di Era Industri 4.0” yang digelar Tim Riset 1068 Hibah MBKM Program Studi Sastra Arab Universitas Sebelas Maret (UNS), Rabu (20/12/2024).

Tim riset yang beranggotakan Fikri Romdhon Alghifari, Hasanah Ferawati, Julianto, Luthfiatu Azizah, dan Uzlah Alzena ini mengkaji kebutuhan pembelajaran bahasa Arab di era digital. “Rekonstruksi kurikulum pembelajaran bahasa Arab menjadi kebutuhan mendesak karena belum ada standarisasi tingkat kemahiran bahasa Arab secara internasional,” ungkap Dr. Khabibi Muhammad Luthfi, S.S., M.A. dalam diskusi yang digelar di Ruang Sidang 2 Fakultas Ilmu Budaya UNS.

Khabibi menekankan perlunya mengubah pembelajaran tradisional menjadi lebih adaptif dengan kebutuhan pasar. “Mahasiswa perlu diarahkan untuk mempelajari bahasa Arab sesuai paradigma pasar kerja modern, seperti menjadi penerjemah digital, pendidik digital, jurnalis, penulis kreatif, content creator, hingga pengusaha berbasis bahasa Arab,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, Ali Makhsum, S.S., M.A., alumni sekaligus praktisi bisnis, menyoroti pentingnya keterampilan interdisipliner di era disrupsi media. “Dunia perkuliahan berperan penting dalam membentuk paradigma cara berpikir dan mentalitas mahasiswa saat memasuki dunia kerja,” ujarnya.

Evaluasi dan Rekomendasi

FGD yang dihadiri mahasiswa Sastra Arab semester 3, 5, dan 7 ini bertujuan mengevaluasi hasil riset profil lulusan dan kebutuhan keterampilan bahasa Arab dalam menghadapi perkembangan pasar kerja.
“Mahasiswa perlu memutuskan apakah bahasa Arab akan digunakan sebagai objek atau alat untuk mencapai kesuksesan di dunia profesional,” tegas Ali Makhsum.

Dr. Afnan Arummi S.H.I., M.A., pembimbing Tim Riset 1068, berharap hasil riset yang dilakukan kelima mahasiswanya ini bisa menjadi masukan berharga untuk pengembangan kurikulum yang lebih adaptif. “Tujuan akhirnya adalah menghasilkan lulusan yang kompeten dan relevan dengan kebutuhan industri,” tutupnya. [FIK]

Arabic Literature Study Program

Faculty of Cultural Sciences 

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

About Us

Faculty Members

Akreditasi

Living in Solo

Students

© 2024 Program Studi Sastra Arab UNS

en_US